close
Shopee Gratis Ongkir

Program Bantuan Ekonomi Uni Soviet

Negara ini cukup tak terdengar sejak jatuhnya kekaisaran genghis khan pada abad pertengahan. Sistem ekonomi terpusat pada negara berlaku di negara negara komunis.

Ancaman Militer China Dan Australia Sudah Di Depan Mata Tni Darurat Alutsista Jet Tempur Kapal Induk Militer

Negara adikuasa memberikan bantuan ekonomi terhadap negara negara yang mau masuk kedalam blok masing masing.

Program bantuan ekonomi uni soviet. Faktor yang memperburuk masalah itu adalah tertundanya perjanjian yang baru disetujui oleh pemerintah indonesia mengenai bantuan ekonomi sebesar 100 juta dolar yang ditawarkan uni soviet tiga tahun sebelumnya. Sampai 1980 11 gnp uni soviet dibelanjakan untuk kepentingan militer. Sedangkan uni soviet memberikan bantuan kepada negara negara yang tergabung dalam blok timur dalam bentuk molotov plan.

Georgia yang menjadi negara perdana pecahan uni soviet di tahun 1990 terus disusul jejaknya oleh negara bagian yang lain. Direktur pusat sejarah dan sosiologi perang dunia ii dan konsekuensinya di higher school of economics oleg budnitsky menceritakan pada rbth apa arti dari bantuan ekonomi tersebut bagi hubungan rusia dan amerika. Pada masanya uni soviet adalah negara terbesar di dunia dengan luas 22 402 200 km 2 status negara terbesar ini kemudian diteruskan oleh negara penggantinya federasi rusia luas wilayahnya yang meliputi seperenam daratan di muka bumi hampir sama luasnya dengan amerika utara seperempat wilayah uni soviet berada di eropa serta menjadi pusat ekonomi dan budaya.

Hingga keruntuhan uni soviet resmi dialami pada tanggal 31 desember 1991. Strategi politik containment of communism yang digagas oleh amerika pada masa perang dingin dikembangkan melalui pemberian bantuan ekonomi dan militer antara lain b 1 truman doctrine yang diberikan kepada yunani dan. Dengan keruntuhan uni soviet sebagai negara komunis adidaya dunia maka runtuh pula kekuasaan komunis internasional.

Dan sistem ekonomi campuran berlaku di negara negara yang baru merdeka. Mesir yang menerima banyak bantuan senjata dan bantuan ekonomi dari uni soviet adalah klien soviet yang merepotkan. Jumlah pengiriman persenjataan soviet melebihi jumlah yang dikirim oleh amerika serikat pada bulan agustus dan perbedaan terus berkembang.

Dengan terpaksa uni soviet berkewajiban untuk membantu mesir dalam perang enam hari dengan mengirimkan penasihat militer dan teknisi dan perang atrisi dengan mengirimkan pilot dan pesawat untuk melawan israel yang pro barat. Dilansir dari russian beyond the headline terdapat lima negara yang mendapat bantuan uni soviet setelah menganut sosialisme apa saja. Uni soviet menolak hadir.

Tahun 1980 harga minyak jatuh sehingga keadaan ekonomi uni soviet yang tidak stabil benar benar berhenti. Pada pertengahan juni 1947 inggris dan perancis mengundang negara negara eropa ke paris untuk membicarakan rencana pemulihan ekonomi bersama. Namun hal ini malah menjadikan uni soviet terlalu melakukan pemborosan.

Sepanjang perang dunia ii sekutu memberi bantuan skala besar bagi uni soviet termasuk melalui program pinjaman lend lease. Uni soviet mengalokasikan dana besar besaran bagi negara yang berada dibawah kekuasaannya agar negara tersebut tidak lepas dari kendalinya. Dia mengusulkan agar negara negara eropa merancang program perbaikan ekonominya yang nantinya akan dibantu amerika serikat.

Marshall plan merupakan program untuk membantu perekonomian negara negara eropa barat.


Tidak ada komentar untuk "Program Bantuan Ekonomi Uni Soviet"